Buah & Sayur

Sehatkan Hidupmu Bersama Alam

Delima dan Manfaatnya

delima-2

Selain buah Tin, salah satu buah yang juga disebutkan dalam Al-Qur’an adalah buah delima. Ya, buah dengan kulit berkilat dan tersusun atas biji-biji merah segar yang manis masam rasanya ini adalah salah satu buah yang juga menjadi favorit para penghuni surga, disebutkan bersama-sama dengan buah tin, anggur, dan zaitun. Delima memiliki nama latin Punika granatum atau dalam Al-Qur’an disebut ar-rumman atau pommegrade. Delima diperkirakan berasal dari Persia dan India, kemudian menyebar ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Dalam Al-Qur’an disebutkan:

Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma menggurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah, dan kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman” (QS. Al-An’am: 99).

Punica granatum nana

Bukan hanya sekedar bisa dimakan saja, pohon delima juga ditanam di kebun atau halaman rumah sebagai tanaman hias sekaligus untuk obat. Ciri-ciri tanaman delima adalah pohonnya kecil dengan tinggi 2-5 m. Batangnya berkayu dengan cabang-cabang berduri pada sela daunnya. Perbanyakan tanaman delima bisa dengan cangkok atau stek. Dan untuk jenisnya sendiri, kita mengenal ada 3 jenis delima yaitu delima merah, delima putih, dan delima ungu/hitam. Dan di Indonesia, yang paling terkenal dan banyak dijumpai adalah delima merah.

Biasanya, delima melambangkan kesuburan dan panjang usia. Orang Cina misalnya, menyajikan delima pada waktu upacara perkawinan karena dianggap untuk melambangkan kesuburan, kemakmuran dan keturunan besar dalam kehidupan pernikahan tersebut. Orang Timur Tengah juga menganggap tanaman delima ini sebagai simbol kesuburan disana.

Delima mengandung potassium, vitamin A, vitamin C, vitamin E, karbohidrat, protein, asam sitrat, asam malat, asam borat, dan kalium. Umumnya dikonsumsi langsung dari buahnya, atau diolah menjadi jus, selai, sirup, dan minuman sehat lainnya.

delima-ungu

Manfaat dan khasiat buah delima

  • kandungan kaliumnya yang tinggi dan natrium yang rendah membuat delima sangat baik untuk mencegah hipertensi dan  penyakit jantung koroner
  • sebagai aintioksidan untuk melawan radikat bebas dalam sel-sel tubuh yang dapat memicu kanker, penyakit jantung, dan alzheimer
  • obat yang baik untuk gangguan pencernaan, seperti diare dan disentri karena banyak mengandung tannin
  • mengandung alkaloid yang dapat mengusir cacing dari usus
  • membunuh virus, bakteri dan racun dalam tubuh
  • bunga delima baik untuk mengatasi masalah tenggorokan dan gusi
  • daun dan kulit buah delima putih dapat menjaga bentuk tubuh yang langsing
  • membunuh kuman yang dapat menyebabkan keputihan dan gangguan pada organ kewanitaan

Resep obat herbal dengan delima 

1. Melangsingkan tubuh : ambil 2 genggam daun delima putih, cuci sampai benar-benar bersih, kemudian remas-remas sambil diberi air matang 1 gelas. Saring, dan minum 2 kali sehari.

2. Merapatkan organ intim wanita : bunga delima putih 10 gram, ditumbuk halus bersama kunyit dan jintan hitam, kemudian diseduh dengan air panas 1 gelas. Sebelum diminum, saring dan beri perasan air jeruk nipis. Untuk diminum 2 hari sekali setelah makan malam.

3. Keputihan : kulit delima putih dicuci hingga bersih, kemudian direbus dengan air hangat 3 gelas sampai tersisa 1,5 gelas. Saring, minum 2 kali sehari.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>